Senin, 08 Juli 2019

Cara Menghilangkan Bau Rokok Dalam Mobil

Cara Menghilangkan Bau Rokok Dalam Mobil

Merokok di dalam mobil tentu akan meninggalkan bau yang tidak sedap bagi sebagian orang di dalam mobil.

Cara terbaik untuk mencegahnya tentu saja dengan tidak merokok lagi di dalam mobil. Namun, jika cara itu dianggap sulit, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi bau asap rokok:

1. Dianginkan

Hal pertama yang harus dilakukan untuk menghilangkan bau rokok di dalam kendaran adalah membersihkannya.

Berkendaralah ke area terbuka kemudian buka jendela kendaraan. Singkirkan barang-barang yang menghalangi udara masuk dan buang sampah-sampah dari dalam kendaraan.

Biarkan udara masuk membersihkan abu yang mengendap di dalam kendaraan.

2. Bersihkan seluruh permukaan

Hal berikutnya yang perlu kamu lakukan adalah lepaskan penutup jok dan karpet lalu bersihkan setiap sudut kendaraan menggunakan vacuum cleaner atau pembersih lainnya untuk membersihkan abu rokok dari sudut-sudut tersembunyi.

Bersihkan penutup jok, baik dengan memasukannya ke binatu atau mencuci sendiri, dan karpet kendaraan secara terpisah setelah diangin-anginkan di bawah matahari selama beberapa waktu.

3. Cuci semua permukaan

Kombinasikan cuka putih dan air dengan rasio 1:1 lalu semprotkan pada kain penutup jok. Kemudian, gunakan kain microfiber untuk mengelap bagian tersebut, interior samping, setir mobil, dashboard, dan lainnya.

Kamu juga bisa menggunakan pembersih kaca untuk menghilangkan semua residu rokok pada jendela dan kaca depan.

4. Atur udara masuk dan keluar

Nyalakan mesin kendaraan, atur kipas pada level tinggi dan AC pada temperatur terendah.

Buka jendela dan biarkan aroma rokok perlahan keluar dari kendaraan

Dengan kipas dan AC dalam kondisi nyala, semprotkan penghilang bau ke dalam kendaraan. Ulangi prosesnya, namun kali ini aturlah udara menjadi hangat sebelum menyemprotkan kembali penghilang bau.

5. Lakukan tindakan drastis

Meskipun berbagai tahapan telah dilakukan, bau rokok dalam kendaraan mungkin saja masih tersisa dan mustahil untuk dihilangkan.

Jika kamu menghadapi masalah ini, cobalah lakukan tindakan yang lebih terukur. Misalnya, mengganti kain pelapis jok, plafon atap mobil atau karpet.

Jika baunya justru seperti bau kayu yang dibakar dan bukan asap rokok, kamu bisa mencoba memindahkan mobilmu ke area terbuka dengan kondisi jendela terbuka untuk membiarkan udara masuk dan keluar dengan lancar.

Setelah beberapa saat, percikkan soda pengembang ke karpet dan alasnya sebelum dibersihkan. Cara lain adalah menyewa jasa pembersihan.